CASE: Menghilangnya Detektif ABC - Lonn

Posted by Si Kancil Label:

Pagi tadi saya menerima telepon dari
seorang pria yang tidak saya kenal untuk
segera datang ke alamat yang telah
diberikannya melalui telepon itu. Setelah
mandi dan sarapan, saya segera pergi ke
alamat tersebut, cukup jauh karena
berada di luar kota, namun masih di Jawa
Barat. Sekitar 2 jam kemudian saya baru
sampai di sana. Di depan sebuah gedung
yang cukup besar dengan nama "Kantor
Detektif ABC" saya melihat ada seorang
pria yang sedang berdiri dengan gelisah,
cukup tua dengan uban menghiasi
kepalanya.
"selamat pagi Pak.", sapaku.
"ah selamat pagi. Akhirnya anda datang
juga. Sungguh, ini sangat genting! Saya
belum pernah menghadapi keadaan
seperti ini sebelumnya.", ucapnya dengan
gelisah sampai lupa mempersilakan saya
masuk.
"bolehkah saya masuk dan duduk?", saran
saya.
"oh ya tentu saja. Maafkan saya."
"terima kasih. Jadi bagaimana kisah
anda?"
"pertama saya akan beritahu tentang
tempat ini. Ini adalah sebuah kantor
detektif yang dihuni oleh 3 orang
detektif, seorang pelayan yang
merupakan anak perempuan saya dan
saya sebagai manager di sini. Saya tinggal
di rumah yang berjarak sekitar 3 km dari
sini, setiap harinya saya dan putri saya ke
sini sekitar pukul 7 pagi dan 3 detektif itu
tinggal di sini. Tapi kemarin ketika saya ke
sini, mereka bertiga tidak ada. Saya sudah
mencari di mana-mana tapi yang saya
temukan hanya sebuah surat di kamar
salah satu dari mereka yaitu kamar milik
B.", jelas pak tua itu.
"boleh saya lihat?"
"ya tentu. Ini.", katanya sambil
memberikan secarik kertas pada saya.
"terima kasih, saya mau membacanya
dulu."
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kepada: Rob
San dan Kyu pada Malam Purnama
Pertama mencoba mengulang peristiwa
Festival Film Cannes yang Pertama dan
semua itu mengantar nakayubi untuk
menyambut lingkaran berkilau di mana
kau akan disambut oleh orang-orang
Polynesia.
Rob, jika kau menemukan surat ini,
sebelum kau temukan kata 'dan' kedua
cobalah ubah ke dalam dasar ilmu hitung
lalu ubahlah ke dalam dasar ilmu bahasa,
selebihnya kau cobalah cara yang
berbeda. Maafkan aku, Rob.
Ttd,
B
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"hmm", saya bergumam usai saya
membacanya. "maaf Pak, apa saya boleh
melihat kamar ketiga detektif itu?", tanya
saya.
"tentu, mari ikut saya.", katanya dan
mengisyaratkan saya untuk ikut
dengannya.
"apakah Rob itu nama anda?", tanya saya.
"ya, itu nama saya. Nah ini kamar detektif
A."
"hm kamarnya cukup berantakan. Dia
suka bermain kartu ya?", komentar saya
saat memasuki kamar detektif bernama A
itu. "kartu ini tergeletak berjejer, mungkin
ini pesan darinya, Pak?", lanjut saya.
"ah benarkah? Sungguh saya tidak tahu
kalau itu adalah pesan. Untunglah saya
tidak membereskannya.", kata Rob.
"ya mungkin begitu. Coba lihat susunan
kartunya! Aneh bukan? Semuanya adalah
kartu nomor 6, tidak ada yang lain. Hm
ada 21 kartu nomor 6 yang berjejer, dan
ada noda hitam pada titik-titik di
kartunya!", gumam saya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1, 13, 136, 13, 15, 245, 15, 1234, 1, 1345,
1245, 234, 1, 2345, 136, 134, 24, 1345,
1245, 1245, 136
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
*itu adalah letak titik-titik yang ada
nodanya, sedangkan penomoran titik-titik
pada kartunya adlah:
1 4
2 5
3 6
*
"Wah wah, detektif-detektif itu orang-
orang yang menarik, Pak! Oh ternyata di
ujung itu ada sebuah kartu tertutup. Mari
kita buka.", ujar saya dan lalu membuka
kartu tersebut. "ah ternyata hanya ada
kata BUTA di balik kartu itu. Hm", gumam
saya melanjutkan.
"sungguh saya tidak mengerti apa
maksud ini semua!", gerutu Rob.
Setelah itu kami keluar dan memasuki
kamar B, tidak ada yang aneh. Lalu kami
lanjut memasuki kamar C. Sekilas tidak
terlihat aneh, tapi saat saya perhatikan
ternyata jam yang ada di kamar itu
janggal. Saya melihat jam tangan saya,
saat itu jam saya menunjukkan pukul
12:15 namun jam di kamar itu
menunjukkan pukul 05:15.
"apa ada petunjuk?", tanya Rob tiba-tiba.
"ya, coba lihat jam itu.", saran saya.
"ah ya ampun, aneh sekali! Perbedaan
waktunya jauh sekali. Sekarang kan sudah
pukul 12:16!", teriak Rob
mengekspresikan keterkejutannya. "oh ya
kalau begitu lebih baik kita makan siang
dulu, kurasa pelayan kantor, Mia, sudah
menyiapkannya. Setelah makan barulah
kita melanjutkan penyelidikan ini. Mari.",
ajak Rob.
"ah ya baik. Terima kasih, dan saya rasa
penyelidikan ini cukup, Pak.", ujar saya.
"hah? Anda serius?!", teriak Rob lagi.
"ya, dan setelah makan nanti saya akan
menenggelamkan pikiran saya untuk
menyatukan puzzle-puzzle yang menarik
ini, Pak!"
Kami pun makan lalu saya berpikir untuk
segera memecahkan semua teka-teki
ini!!!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TEMUKAN JAWABAN:
1. Teka-teki yang ditinggalkan oleh
detektif A!
2. Teka-teki yang ditinggalkan oleh
detektif B!
3. Teka-teki yang ditinggalkan oleh
detektif C!

0 komentar:

Posting Komentar